Solusi Mengatasi Error 0x0000011b Saat Sharing Printer

Solusi Mengatasi Error 0x0000011b Saat Sharing Printer

Dalam penggunaan printer, mungkin kamu pernah mengalami permasalahan yang ditandai dengan munculnya error code 0x000011b yang muncul monitor komputer kamu. Permasalahan error ini biasanya disebabkan karena terjadinya kesalahan pada konfigurasi sistem operasi windows 10 atau windows 11. Dan permasalahan konfigurasi tersebut muncul karena terdapat bug sistem pada Security Update dari Microsoft yang menyebabkan printer kamu tidak dapat bekerja seperti biasanya. Permasalahan ini biasanya terjadi pada printer yang dishare melalui jaringan LAN.
Biasanya permasalahan ini dapat diatasi dengan menghapus file security Update dengan kode KB5007186. Namun dibeberapa kasus permasalahan error 0x0000011b terjadi Kembali setelah restart komputer dilakukan.
Untuk mengatasinya kamu dapat mengedit dan merestart print spooler pada komputer kamu, caranya sebagai berikut :
Langkah 1. Edit registry pada komputer server
1.    Pertama kamu perlu mengedit registry yang ada pada komputer server, klik start menu dan ketik ‘registry’ dan klik ‘registry editor’
2.    Kemudaian pada menu registry editor kamu dapat buka ‘Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Print’ lalu klik kanan dan pilih ‘new’, lalu klik ‘DWORD (32-bit) Value’ seperti pada gambar berikut.
 
3.    Selanjutnya berinama registry tadi ‘RpcAuthnLevelPrivacyEnabled’ dan tekan enter
4.    Klik kanan nilai pada ‘RpcAuthnLevelPrivacyEnabled’ yang baru dibuat dan pilih 'Modify'. Lalu berikan angka 0 pada kolom Value data dan klik OK atau tekan enter
5.    Selanjutnya msuk pada menu service dengan cara mengetik service pada setart menu
6.    Setelah masuk pada menu service, carilah dan klik kanan pada print spooler dan klik restart
7.    Tunggu sampai proses restart selesai, kemudian restart komputer server.

Langkah 2. Keneksikan ulang sharing printer pada komputer client
1.    Setelah komputer server menyala, kamu dapat membuka network page melalui komputer client kemudian double klik pada logo printer seperti pada gambar di bawah
2.    Tunggu sampai proses selesai
3.    Jika muncul menu use printer seperti pada gambar berikut, tandanya kamu sudah berhasil mengatasi Error 0x0000011b pada sharing printer.
 
Itulah tadi beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan kode error 0x0000011b. Semoga bermanfaat dan terima kasih.