Printer Epson L121 Error dan Lampu Indikator Berkedip Bersamaan

Printer Epson L121 adalah salah satu produk printer dari Epson yang memiliki single function atau hanya dapat digunakan untuk mencetak saja tanpa di sertai fitur scan copy seperti model Epson L3210 atau printer Epson yang lainnya. Meskipun printer ini hanya dapat digunakan untuk mencetak saja, namun printer Epson L121 memiliki keunggulan tersendiri dikelasnya. Printer Epson L121 sendiri memiliki desain yang minimalis sehingga tidak memakan banyak tempat dalam peletakannya. Selain memiliki bentuk yang minimalis printer Epson L121 juga hemat dalam penggunaan tintanya.

Namun dibalik kelebihannya tersebut printer Epson L121 juga dapat mengalami permasalahan yang menyebabkan printer tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya. Beberapa permasalahan ditandai dengan lampu indikator pada printer berkedip secara bersamaan. Berikut penyebab dan cara mengatasi printer Epson L121 yang lampu indikatornya berkedip secara bersamaan :

  1. Paper Jam

Biasanya printer Epson L 121 yang berhenti mencetak secara mendadak, dan diikuti dengan kedua lampu indikator menyala secara bersamaan disebabkan oleh paper jam atau kertas nyangkut pada bagian roller printer.

Untuk menangani permasalahan tersebut kamu dapat melakukan pengecekan pada bagian try paper printer kamu. Jika terdapat kertas yang macet atau nyangkut pada bagian rollernya, kamu dapat menariknya secara perlahan, dan pastikan tidak ada robekan kertas yang tertinggal di dalam roller printer. Setelah kertas tertarik keluar dan tidak ada robekan kertas yang mengganjal pergerakan roller matikan dan nyalakan kembali printer kamu. Selanjutny cobalah untuk mencetak beberapa lembar dokumen, atau kamu juga dapat melakukan print test page.

  1. Kehabisan Tinta

Selain paper jam, lampu indikator berkedip secara bersamaan pada printer Epson L121 juga dapat dikarenakan tinta pada tangki penampung habis. Untuk mengatasinya kamu dapat melakukan pengecekan pada tangki penampungan tinta. Jika tinta memang benar – benar habis kamu dapat mengisikan tinta original kedalam tangka penampung tinta printer kamu.

  1. Printer Memerlukan Reset

Jika dengan kedua cara diatas masalah printer kamu masih berlanjut, kamu dapat melakukan reset secara manual dengan cara berikut :

  • Matikan dulu printer Epson L121 kamu lalu nyalakan kembali.
  • Selanjutnya tekan tombol dan tahan power Bersamaan dengan tombol resume selama lima detik. Lalu lepaskan keduanya.
  • Kemudian, tekan kedua tombol lagi selama tiga detik.
  • Lihat lampu indikator apakah masih berkedip atau sudah tidak.

    Jika indikator pada printer sudah berhenti berkedip lagi, maka printer kamu sudah kembali normal seperti semula. Namun jika dengan cara diatas printer kamu masih belum normal, kamu perlu mengulang proses reset manual. Namun jika masalah masih berkelanjutan ada baiknya kamu membawa printer kamu ke service printer terdekat.

Itulah beberapa penanganan yang dapat  kamu lakukan sendiri pada printer Epson L121 yang kedua indikatornya berkedip secara bersamaan.