Hasil Cetak Printer Laser Kurang Jelas

Printer laser adalah jenis printer yang menggunakan serbuk toner sebagai consumable atau media cetaknya. Bagi kamu yang sering menggunakan printer laser untuk memenuhi keperluan cetak dokumen dalam jumlah besar tentu printer laser adalah pilihan yang sangat tepat.
Hasil cetakan printer laser yang tidak mudah luntur adalah salah satu keunggulan utama dari printer laser. Namun bagaimana jika tiba-tiba hasil cetak printer laser yang kamu gunakan tiba-tiba tipis atau tidak jelas? Biasanya hasil cetakan printer laser mulai kurang jelas disaat kondisi toner dalam cartridge mulai habis. Untuk mengatasinya kamu dapat melakukan pengisian ulang toner pada cartridge, namun bagaimana jika hasil cetakan kurang jelas setelah kamu melakukan pengisian tinta?
Hasil printer yang tipis atau tidak jelas tentu sangat mengganggu aktivitas dan kebutuhan mencetak kamu, terlebih jika dibutuhkan pencetakan dalam jumlah banyak. Jika hal ini terjadi pada printer laser kamu ada baiknya kamu mencoba langkah-langkah berikut untuk mengatasinya.

  1. Periksa Setting Kualitas Cetakan
    Sebelum kamu memlakukan pengecekan lebih mendalam kebagian komponen printer, ada baiknya kamu melakukan pengecekan terlebih dulu pada quality setting yang kamu gunakan saat mencetak. Karena ada kemungkinan kamu menggunakan kualitas cetak EcoMode atau toner saver.
  2. Serbuk Toner Dalam Cartridge Tidak Merata
    Hasil cetakan pada printer tidak jelas juga dapat dikarenakan saat mengisi toner dalam drum tidak merata, sehingga menghasilkan cetakan yang tipis dan tidak jelas. Untuk mengatasinya kamu perlu melepaskan cartridge yang terpasang pada printer kemudian mengocok cartridge toner secara perlahan. Setelah toner dalam cartridge sudah merata pasang Kembali cartridge kedalam printer, selanjutnya cobalah untuk mencetak beberapa lembar dokumen.
  3. Memutar Roller Magnetic
    Jika dengan cara diatas masih belum berhasil cobalah untuk memutar roller magnetic yang terdapat pada sisi sebelah kanan atau kiri cartridge toner. Caranya ambil lagi cartridge toner secara perlahan yang telah terpasang tadi. Setelah cartridge toner sudah dikeluarkan dari unit printer, putar tuas berwarna putih pada cartridge toner sampai serbuk toner meratarata. Pasang kembali cartridge kedalam printer dan cobalah mencetak beberapa lembar dokumen
  4. Drum Pada Cartridge Toner Kotor
    Jika dengan cara diatas hasil cetakan masih belum jelas, cobalah untuk melakukan pengecekan pada bagian drum dalam cartridge. Dibeberapa kasus hasil cetakan yang tidak jelas disebabkan karena terdapat serpihan kertas yang menutupu drum pada cartridge.
    Yang perlu kamu lakukan jika mengalami ini adalah buka kembali penutup printer dan ambil cartridge tonernya. Setelah itu bersihkan bagian drum yang kotor dengan kain tusi atau kain yang halus. Jika sudah selesai pasang kemali Drum secara perlahan.
  5. Drum Sudah Mulai Aus
    Jika hasil cetakan pada printer kamu masih belum sempurna ada kemungkinan terdapat goresan pada bagian drum yang terdapat pada cartridge. Biasanya goresan pada drum dapat terjadi karena banyak hal.  Untuk mengatasinya kamu dapat mengganti drum pada cartridge. Jika merasa kesulitan untuk melakukan penggantian pada drumnya, kamu dapat mengganti cartridgenya sekaligus, atau kamu dapat membawanya ke service center terdekat

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan disaat printer laser kamu menghasilkan cetakan yang tidak jelas. Semoga artikel ini bermanfaat, sekian dan terima kasih.