Printer Mengalami Faded Print

Printer Inkjet yang hasil cetaknya memudar atau samar biasanya disebabkan karena berbagai macam hal, permasalahan tersebut biasa diistilahkan dengan faded print. Untuk mengatasi masalah tersebut yang perlu kamu lakukan pertama kali adalah melakukan pengecekan terlebih dahulu pada setting printer apakah printer dalam keadaan penghematan tinta atau tidak? Jika printer kamu dalam setting penghematan, kamu dapat mengubahnya menjadi high quality untuk mendapatkan hasil cetakan yang lebih baik dengan cara sebagai berikut :

  1. Buka menu print properties pada aplikasi office bisa ms. Word ataupun PDF reader dengan cara tekan Ctrl + P pada key board
  2. Kemudian klik Print Properties seperti pada gambar berikut
     
  3. Jika kamu menggunakan printer Epson akan muncul tabel menu seperti gambar berikut
     

Sedangkan jika kamu menggunakan printer canon kamu perlu membuka tab menu terlebih dahulu untuk mendapatkan setting haigh cuality pada hasil cetakan kamu seperti gambar berikut :
 
Jika dengan cara diatas hasil cetakan kamu masih memudar ataupun samar bahkan lebih parah, kamu dapat melakukan pengecekan tinta yang terdapat di dalam cartridge. Caranya masuk ke menu Start dan pilih "Menu Setting" pada start menu kemudian Klik "Devices\Printers & Scanners". Klik printer yang anda gunakan pada daftar perangkat keras, klik manage pilih "Printing Preferences", dan temukan "Estimate Ink levels" atau "Get Ink levels". Cara ini hanya berfungsi pada printer yang masih menggunakan cartridge saja, sedangkan untuk printer ink tank kamu bisa melihat secara langsung pada unit ink tank yang terdapat pada bagian depan printer.
Jika sisa tinta dalam cartridge atau ink tank masih penuh namun hasil cetaknya sudah pudar ataupun samar, ada kemungkinan lubang print head pada printer kamu tersumbat oleh endapan tinta atau semacamnya. Biasanya hal ini dikarenakan printer jarang digunakan sehingga tinta mengendap di dasar cartridge dan mengakibatkan lubang print head mampet. Untuk mencegah masalah tersebut kamu dapat mencoba untuk mencetak salah satu dokumen gambar dengan kualitas cetakan high quality 1 kali dalam seminggu. Tujuannya adalah untuk mencegah pengendapan tinta dalam cartridge.
Masalah ini dapat diatasi dengan melakukan print head cleaning secara berkala. kamu dapat melakukan print head cleaning dengan dua cara. Yaitu head cleaning melalui fitur pada printer dan cleaning manual. Untuk melakukan print head otomatis kamu dapat membaca tutorial kami sebelumnya di link berikut Cara Cleaning dan Head Cleaning Printer Canon Epson Hp dan Brother. Sedangkan berikut cara untuk cleaning manual :

  1. Sebelum membersihkan cartridge, hal paling mendasar yang harus diterapkan adalah mengeluarkan cartridge dengan benar.  Ada berbagai macam merek printer yang beredar di pasaran, dengan bentuk cartridge yang berbeda-beda. Pastikan Anda membaca dengan cermat petunjuk cara mengeluarkan cartridge yang biasanya disediakan produsen printer. Simpan lembar petunjuk agar dapat dijadikan referensi mengeluarkan cartridge.
  2. Setelah Anda berhasil mengeluarkan cartridge, Anda dapat membersihkannya dengan mengikuti langkah cara membersihkan cartridge printer berikut ini. Lakukan seluruh langkah ini dengan cermat dan hati-hati.
  3. Siapkan kain lap berbahan lembut dan alkohol.
  4. Lipat kain lap menjadi dua atau empat bagian, lalu tetesi dengan alkohol.
  5. Bagian dari cara membersihkan cartridge printer adalah mengelap bagian luarnya untuk mengangkat sisa tinta.
  6. Siapkan cotton bud atau kapas bertangkai dan air hangat untuk membersihkan bagian kepala cetak kartrid.
  7. Celupkan kapas bertangkai ke dalam air hangat, lalu pakai untuk mengangkat kotoran tinta yang ada di bagian kepala cetak kartrid. Tekan kapas pelan-pelan agar menyerap kotoran tinta. Hindari gerakan mengusap atau menggosok karena dapat menggores kepala cetak.
  8. Setelah bagian kepala cetak cartridge bersih, lanjutkan membersihkan bagian chip yang berbentuk titik-titik kecil berwarna keemasan dan terletak di bagian belakang kartrid. Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan kapas tangkai atau tisu kering.
  9. 9. Keringkan cartridge dengan cara meletakkannya di atas kain lap atau tisu kering. Cara meletakkan cartridge yang benar adalah dengan memposisikan bagian chip berada di atas.

Setelah menerapkan cara membersihkan cartridge, waktunya kamu memasang kembali cartridge printer. Untuk memasang dan melapaskan cartridge dengan benar kamu dapat membaca manual book yang disertakan pada unit printer kamu.