Fungsi Head Cleaning pada Printer

Hallo sobat aston. Pernahkah kamu melakukan head cleaning pada printer kamu? Jika pernah mungkin kamu melakukan head cleaning saat hasil cetakan pada printer kamu mengalami masalah seperti hasil cetakannya memudar, bergaris, putus – pustus, atau semacamnya. Seperti yang sudah kita ketahui kesalahan pada hasil cetak sebuah printer disebabkan karena terdapat endapan tinta yang menyumbat lubang pada print head. Namun tahukah kamu fungsi lebih lanjut mengenai head cleaning? Jika di artikel sebelumnya kita telah membahas cara melakukan head cleaning pada berbagai merk printer, pada artikel kali ini akan membahas lebih lanjut mengenai fungsi head cleaning.
Fungsi Head Cleaning Printer
Posisi print head berada di bagian bawah cartridge dan memiliki bentuk semacam plat besi kecil yang dikelilingi oleh plat tembaga. Print head itu sendiri berfungsi untuk menyemprotkan tinta keatas kertas sehingga menjadi sebuah bentuk tulisan atau gambar. Jika lubang pada print head ini tersumbat oleh endapan tinta, tentu hasil yang dicetak pada printer tersebut tidak akan maksimal. Disaat itulah kamu perlu melakukan head cleaning.
Dengan melakukan head cleaning kamu dapat membersihkan endapan tinta yang menghalangi lubang – lubang pada bagian print head. Jika head cleaning berhasil, maka proses cetak melalui cartridge berjalan dengan lancar dan tinta dapat keluar secara maksimal, sehingga hasil cetakan di atas kertas juga memuaskan.
Pada printer Canon istilah head cleaning ini terbagi menjadi dua yaitu cleaning dan deep cleaning. Cleaning dapat diartikan sebagai proses pembersihan tinta yang lebih ringan. Proses cleaning ini disarankan untuk dilakukan sebelum menuju proses head cleaning. Sementara deep cleaning adalah proses pembersihan yang lebih mendalam untuk melakukan pembersihan pada print head.
Selain membersihkan endapan tinta yang menempel pada print head, head cleaning juga dapat kamu lakukan ketikan printer kamu jarang digunakan. Lakukan clean head secara berkala, agar print head yang jarang terpakai tidak tertutupi oleh tinta yang mengering. Namun jangan terlalu sering melakukan head cleaning, baik itu cleaning ataupun deep cleaning. Karena jika kamu terlalu sering melakukan head cleaning akan beresiko terjadi kerusakan pada cartridge printer kamu, seperti cartridge mudah rembes, penampungan sisa tinta cepat penuh, dan cartridge tidak terdeteksi oleh printer. Maka dari itu lakukan proses head cleaning secara berkala saat printer kamu jarang digunakan atau ketika printer memang mengalami masalah pada hasil cetakannya, seperti saat hasil cetakan printer bergaris, atau putus – putus dan semacamnya.

Demikianlah artikel mengenai fungsi head cleaning printer agar cetakan maksimal, semoga bermanfaat dan terimakasih.